Hari gini masih butuh NetBook? Berikut 6 Hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli Netbook

Yaahh.. anda sekarang memang sedang memiliki kelebihan uang, dan sedang mempertimbangkan menghabiskannya sebagian untuk membeli sebuah gadget yang anda idam-idamkan, sebuah Netbook.

Netbook memang memiliki harga yang relatif mahal, tapi tentu anda percaya bahwa anda memang membelinya karena alasan portabilitas, kenyamanan dan masa pakai baterai. Hal yang tidak bisa anda dapatkan dari Dekstop PC ataupun Laptop anda, yang sudah seperti mesin pemanggang roti. Anda merasa anda memang butuh mainan baru yang bisa memudahkan anda bekerja.

Tapi layakkah keputusan anda itu? Evaluasi terlebih dahulu keputusan anda.

Kemampuan Smartphone anda masih kurang?
Anda sudah memiliki smartphone terbaru saat ini, dengan kemudahan menerima email, akses 3G dan nirkabel, GPS serta segudang aplikasi yang mudah anda unduh baik itu Android, IOS, Blackberry, ataupun Symbian.

Lalu apakah anda masih butuh Netbook? Gadget anda yang satu ini sudah sangatlah cukup, anda sudah memiliki seluruh kekuasaan dalam saku Anda. Kurang dari 5 tahun lagi, ukuran Netbook sudah setara dgn smartphone anda, dijamin.

PC Tablet? Keren juga lho, tapi...
Anda membeli Netbook tetapi Anda hanya akan menggunakannya untuk membaca RSS feed, Twitter, Facebook, dan email, rasanya keputusan anda hanyalah sebuah keputusan konyol, buang saja keinginan anda membeli netbook, ganti dengan PC Tablet.

Selain lebih simpel, PC Tablet juga jauh lebih keren daripada netbook, tapi jika anda memang harus melakukan beberapa kegiatan kantor seperti mengetik ataupun mempersiapkan presentasi, yeah.. apa boleh buat anda memang butuh sebuah netbook.

Sistem Operasi apakah yang anda inginkan?
Ok, akhirnya saya sepakat anda memang memang butuh Netbook, sekarang yang perlu diperhatikan adalah Sistem Operasi. Banyak netbook yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows XP atau bahkan Windows 7, tapi bagi anda yang menyukai semangat OpenSource, layaklah bagi anda untuk memiliki sistem operasi Linux atau OS berbasis cloud, seperti Jolicloud atau bahkan MeeGo? Walau anda memang harus ekstra hati-hati dengan masalah kompatibilitas hardware, tapi yakinlah anda akan terlihat lebih pintar dan bijak saat menggunakannya.

Apakah anda butuh kecepatan?
Jelas anda akan membutuhkan RAM, hanya saja biasanya jumlah RAM yang diberikan pada paket pembelian hanyalah 1GB, dan ini adalah sumber masalah anda. Netbook yang sudah terinstal Windows 7 akan memakan RAM dengan sangat rakus, yang berakibat, kinerja Netbook anda akan terasa lambat. Jika dana anda cukup, pertimbangkan untuk upgrade menjadi 2GB.

Keyboard Ergonomis, adalah harga Mati!!
Pastikan anda dapat mengetik dengan mudah, melalui keyboard Netbook yang akan anda beli. Perhatikan ukuran tombol keyboard dan rata-rata rentang tangan, untuk sebuah pengalaman mengetik yang nyaman.

Jangan sampai anda frustasi, karena cepatnya anda merasa lelah saat bekerja menggunakan Netbook anda.

Apakah anda sulit bersosialisasi?
Sekedar pesan saja, Keajaiban teknologi bukan tidak memberikan dampak negatif bagi anda. Netbook anda bisa jadi akan menyibukkan anda dengan segudang aktifitas Non Social. Jika Anda benar-benar tidak tahu kapan harus berhenti, sebentar lagi anda akan menjadi seorang Pertapa cyber.

Waktu yang sering anda habiskan di sofa bersama keluarga atau di cafe dengan teman-teman pasti lebih menyenangkan daripada dengan netbook.

Peliharalah waktu offline dalam hidup Anda juga. Terkadang internet bisa menunggu.

OK, sedikit tulisan di atas, mudah-mudahan sudah bisa membuat anda berpikir lebih realistis lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menambahkan Multiple Primary Key dari tabel yang pernah dibuat.

Foto Palsu Manusia Raksasa yang ditemukan

Hati-hati, berikut daftar situs Online yang melakukan Penipuan [update terus :( ]